Kaligrafi Etsa (etching) adalah kaligrafi yang dibuat dengan teknik etsa/etching dengan menggunakan larutan kimia. Tehnik ini biasanya diaplikasikan di atas media kuningan, stainless, dan alumunium. Berbeda dengan teknik-teknik yang lain seperti teknik ketok atau teknik patri/solder, teknik ini relatif lebih praktis namun tetap memiliki nilai artistik yang tinggi. Image, tulisan, atau motif-motif yang dihasilkan dengan teknik ini lebih detil dan tajam menyerupai disain dan pola aslinya.

Secara teknis, pembuatan pola atau disain tulisan/gambar bisa dibuat dengan cara manual dan komputerasi kemudian gambar tersebut dibuat ke dalam bentuk film atau cutting sticker.

Produk kaligrafi yang menggunakan teknik ini tergolong masih jarang mengingat biaya produksinya cukup tinggi. Para pengrajin kaligrafipun masih membatasi koleksinya. Produk ini sangat cocok dipasang di perumahan dan perkantoran. Beberapa masjid ada yang sudah menggunakan produk ini namun terbatas pada masjid yang memang memiliki dana cukup banyak. Misalnya salah satu masjid yang dikelola oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

0 comments :

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails